KERANGKA ACUAN KERJA SAYEMBARA DESAIN TAMAN DAN RUANG PUBLIK URBANSCAPE EXPO 2018
SAYEMBARA
DESAIN TAMAN DAN RUANG PUBLIK
KERANGKA
ACUAN KERJA
SAYEMBARA DESAIN TAMAN DAN
RUANG PUBLIK
URBANSCAPE EXPO 2018
1.
LATAR
BELAKANG
Ruang publik yang dimaksud secara umum pada sebuah
kota, menurut Project for Public Spaces
in New York tahun 1984, adalah bentuk ruang yang digunakan manusia secara
bersama-sama berupa jalan, pedestrian, taman-
taman, plaza, fasilitas transportasi umum (halte) dan museum, sedangkan menurut
Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Non Hijau di Wilayah
Kota/Kawasan Perkotaan (Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No 12/PRT/M 2009),
ruang terbuka publik (open space) di
perkotaan terdiri dari ruang terbuka hijau dan ruang terbuka non-hijau.
Lanskap perkotaan
(urbanscape) merupakan rangkaian
ragam ruang yang terdapat dalam suatu kota membentuk ciri khas tersendiri bagi kota
tersebut. Salah satu ruang pembentuk urbanscape
adalah ruang terbuka hijau dan ruang publik yang terdiri antara lain
jalur-jalur hijau, taman lingkungan atau taman kota, pulau-pulau jalan, taman
teras dan taman atap serta sebagainya. Keberadaan lanskap ruang-ruang kota
tersebut menjamin kehidupan yang lebih baik, lebih sehat, dan berkelanjutan.
Ruang-ruang
ini berfungsi untuk antara lain sebagai ruang sosial, ruang rekreatif, ruang
produksi (hasil pangan atau pertanian kota), oorologis dan ekologis dengan mengatasi
terjadinya pencemaran udara di kota-kota besar yang semakin hari semakin
memprihatinkan. Hal ini mengakibatkan peningkatan suhu udara sehingga menjadi
salah satu penyebab pemanasan global yang berdampak buruk bagi kesehatan
manusia pada umumnya.
Desain lanskap
perkotaan sangat erat berkaitan dengan pengendalian perubahan iklim. Sehingga
lanskap yang didesain, selain terdepan dalam menggunakan teknologi, harus
berorientasi terhadap alam yang berkelanjutan.
Komplek
Permata Hijau Kecamatan Grogol Selatan, Jakarta Barat merupakan salah satu
perumahan elit di kota Jakarta yang hampir aktif selama 24 jam. Jalur hijau dan
taman kota yang terletak di perumahan ini memiliki peranan penting sebagai
salah satu urbanscape vital bagi
kawasan perumahan tersebut yang ramah bagi semua tingkatan dan golongan
pengguna.
Sayembara Ruang Terbuka
Publik ini bertema “Lanskap Perkotaan Berkelanjutan (Sustainable Urbanscape)” dalam arti
seluas-luasnya, mengambil lokasi Ruang Terbuka di Kelurahan Grogol Selatan.
2. MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dari kegiatan ini
adalah terpenuhinya desain ruang terbuka publik dengan berpegang pada filosofi
“Ekologis dan Berkelanjutan” serta menjadi kebanggaan masyarakat Kelurahan
Grogol Selatan.
Sedangkan tujuan dari
kegiatan ini adalah bahwa hasil karya pemenang utama Sayembara Desain Taman dan
Ruang Publik “Lanskap Perkotaan Berkelanjutan” tersebut dapat menjadi acuan
dalam penanganan ruang publik tersebut kedepannya.
3.
SASARAN
Terciptanya ide kreatif
desain Taman dan Ruang Publik yang diajukan oleh para mahasiswa yang mengikuti
sayembara;
4.
ORGANISASI KEGIATAN SAYEMBARA
Nama Organisasi : Asosiasi Pendidikan Arsitektur
Lanskap Indonesia (APALI) bekerjasama
dengan Pemerintah DKI Jakarta
Lokasi
Sayembara : Ruang Terbuka Kelurahan
Grogol Selatan,
Jakarta Selatan
Jl.
Komplek Permata Hijau, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
5.
JUDUL DAN TEMA SAYEMBARA
Sayembara
ini berjudul : Sayembara Desain Taman
dan Ruang Publik
Sayembara ini bertema: Lanskap
Perkotaan Berkelanjutan (Sustainable
Urbanscape)
6. BENTUK SAYEMBARA
Sayembara ini merupakan “sayembara konsep disain” berupa gagasan
dan ide kreatif untuk perancangan Taman dan Ruang Publik serta prakiraan biaya
untuk konstruksi yang digunakan.
7. PERSYARATAN
SAYEMBARA
a.
Persyaratan peserta
a)
Sayembara ini terbuka
bagi seluruh mahasiwa jurusan/ departemen/program studi Arsitektur Lansekap/Pertamanan,
atau diketuai oleh mahasiswa jurusan Arsitektur Lanskap baik perorangan maupun kelompok. Satu kelompok maksimal
terdiri dari 4 orang.
b)
Setiap peserta
hanya boleh mengirimkan 1 (satu) karya
b.
Tata Cara
Pendaftaran Peserta
1) Formulir Pendaftaran dan KAK dapat diperoleh langsung
melalui web https://himalaproject.blogspot.com
2)
Rekomendasi dari
jurusan/departemen/program studi dilampirkan sebagai attachment, dikirimkan melalui
email ke alamat sayembaraapali2018@gmail.com dan disertakan dalam
berkas pengumpulan karya.
3)
Peserta tidak
dipungut biaya pendaftaran untuk mengikuti sayembara ini.
c.
Tata Cara
Pemasukan Karya
Peserta dapat mengirimkan melalui pos /
paket dokumen karya peserta kepada panitia yang terdiri dari:
1) Dokumen Administrasi
Peserta menyerahkan I
sampul yang berisi:
a) Salinan kartu mahasiswa yang masih berlaku
b) Surat Rekomendasi dari Jurusan/Departemen/Program Studi
c) Keseluruhan dokumen dimasukkan dalam amplop tertutup.
2) Dokumen Teknis
Peserta menyerahkan 1
sampul dokumen karya yang berisi:
a)
4 buah panel poster yang masing-masing berukuran A2 dengan
posisi portrait yang berurutan mulai dari konsep hingga perspektif dan
detail yang komunikatif dan menarik, dengan ketentuan formasi gambar sebagai
berikut:
1.
Panel Poster Pertama berisi penjelasan tentang konsep (dapat
disajikan dalam bentuk diagram, sketsa beserta penjelasan singkat )
2.
Panel Poster
Kedua, sekurang-kurangnya berisi rencana tapak
3.
Panel Poster Ketiga berisi:
i.
Gambar Tampak Site
yang menunjukan pandangan keempat sisi/arah Site
ii.
Gambar Potongan Site
secara memanjang dan melintang untuk menunjukan secara garis besar penampang
dan sistem struktur.
4. Panel
poster Keempat berisi:
i.
Gambar Prespektif
3 Dimensi baik eksterior maupun interior memperlihatkan entrance atau arah lain yang dianggap
perlu secara man eye view, bird eye view, maupun view lain yang dianggap baik.
ii.
Gambar Detail
Elemen Arsitektural Lanskap sesuai dengan konsep desain yang
ingin ditonjolkan.
Setiap Panel display/ poster tidak boleh diberi garis tepi, tulisan
ataupun kop gambar selain gambar-gambar dan judul gambar (denah, tampak,
perspektif, dsb) yang diminta, penambahan gambar lain atau tulisan lain dapat
dianggap sebagai pelanggaran atas prinsip kerahasiaan sayembara yang dapat
menyebabkan gambar peserta didiskualifikasi. Berikut format sebagai berikut :
b) Satu bendel berisi matrik program ruang dan estimasi biaya
konstruksi yang dicetak dalam kertas
A4 yang dijilid dan dimasukkan dalam
amplop terpisah dari dokumen administrasi.
Format A4 :
c) Data soft copy yang berisi :
1)
File gambar
format poster sesuai yang dicetak dalam bentuk
PDF.
2)
File perhitungan
estimasi biaya dan Matriks program ruang dalam bentuk PDF
3)
File dapat
dikirimkan dalam cakram bersama-sama dengan dokumen A4 atau melalui imel ke : sayembaraapali2018@gmail.com
d) Identitas Peserta
Semua hasil karya hanya mencantumkan kode peserta
tanpa identitas asli.
Pemasukan
karya sayembara dapat dikirim via pos /
paket (cap pos) ke Sekretariat Panitia Sayembara paling lambat
tertanggal 15 Juli 2018 dan dapat dibuktikan dengan resi penerimaan.
e)
Jadwal
Sayembara
No
|
Jadwal
|
Tanggal
|
1
|
Pendaftaran
|
07 Juni – 15 Juli 2018
|
2
|
Survey Lokasi
|
09 Juni -30 Juni 2018
|
3
|
Pengumpulan Karya (cap pos)
|
15 Juli 2018
|
4
|
Penjurian
|
16 - 18 Juli 2018
|
5
|
Pengumuman dan Penyerahan Hadiah
|
19 Juli 2018
|
f)
Diskualifikasi
Karya
1)
Peserta yang
memasukkan karya dengan tidak mematuhi ketentuan seperti yang tertera dalam
tata-cara pemasukan karya sayembara akan terkena diskualifikasi sehingga hasil karyanya tidak akan dinilai oleh
para juri.
2)
Peserta yang
tidak dilengkapi bukti identitas sebagaimana yang tertera dalam identitas peserta dan karya sayembara juga akan
terkena diskualifikasi sehingga hasil karyanya tidak akan dinilai oleh para juri.
3)
Panitia berhak
membatalkan/memutuskan status pemenang secara sepihak apabila di kemudian hari
ditemukan penyimpangan dalam bentuk apapun yang dilakukan oleh pemenang.
8. LOKASI
Peserta dapat melakukan observasi lapangan secara langsung dengan membawa tanda pengenal peserta yang
disediakan oleh panitia.
Batasan dan Permintaan
Lokasi : Ruang Terbuka Kelurahan Grogol Selatan
Jl. Komplek Permata Hijau, Grogol Selatan,
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12220
Luas Lahan :
± 1,3 Ha (terdiri dari 3 area yang dapat menjadi
satu kesatuan)
Batas-batas Lahan :
jalan sekeliling taman
Gambar 1 Peta Lokasi
9. KETENTUAN DESAIN DAN PROGRAM RUANG
Konsep gagasan desain perancangan
meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1)
Konsep Arsitektural Lanskap
2)
Konsep kegiatan
dan kebutuhan ruang yang dapat menampung kegiatan sosial dan ekonomi,
penambahan kebutuhan ruang / fasilitas lain masih dimungkinkan sepanjang masih
sesuai dengan peruntukan aktifitas Taman dan Ruang Publik
3)
Konsep universal
desain dan pendekatan desain yang ramah lingkungan.
4)
Konsep skenario
tahapan pembangunan untuk memungkinkan pembangunan
secara bertahap.
5)
Konsep utilitas
dan infrastruktur lingkungan
6)
Konsep ekodesain/
rekayasa desain yang meliputi penataan penghawaan,
pencahayaan, dan tata suara yang ramah lingkungan
10. PANITIA SAYEMBARA
Panitia Pelaksana Sayembara ini adalah Asosiasi Pendidikan Arsitektur
Lanskap Indonesia (APALI).
Alamat sekretariat:
Kampus Universitas Bandung
Raya
Fakultas Pertanian Prodi Arsitektur
Lanskap
Jl.
Cikutra No. 171, Kota Bandung, Jawa Barat 40124
--------------------------------------------------
11.
TIM
JURI
Tim
juri terdiri dari wakil lembaga:
1.
Asosiasi
Pendidikan Arsitektur Lanskap Indonesia (APALI)
2.
Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia
(IALI)
3.
Green Building
Council Indonesia (GBCI)
4.
Himpunan Teknik
Iluminasi Indonesia (HTII)
5.
Dinas Kehutanan
DKI Jakarta
12. KRITERIA PENILAIAN
Yang
menjadi kriteria penilaian pada sayembara ini yaitu sebagai berikut :
a)
Originalitas
(bobot penilaian 25%), meliputi
:
Keaslian, rancangan desain taman ini belum pernah
dipublikasikan melalui media apapun, tidak mengandung unsur-unsur visual yang
berpotensi dituntut oleh pihak ketiga yang memiliki hak cipta/hak kekayaan
intelektual atas unsur-unsur desain tersebut.
b)
Ide/Konsep Desain
(bobot penilaian 35 %)
Keindahan, mencakup keindahan visual taman maupun keindahan
yang bisa dirasakan melalui kenyamanan jika berada didalamnya.
c)
Kontekstualitas
Desain (bobot penilaian 10 %)
Rancangan mempertimbangkan hubungan tatanan spasial antara
taman dengan tata guna lahan dan kondisi lingkungan sekitar taman serta ciri
khas Kota Bandung.
d)
Fungsional (bobot
penilaian 10 %)
Memenuhi kegunaan taman secara fungsional sebagai tempat untuk berolah
raga, tempat bersantai, tempat komunikasi sosial, tempat peralihan, serta
tempat menunggu.
e)
Kelayakan
Realisasi (bobot penilaian 10%)
Desain taman baik arsitektural maupun struktural
secara umum harus dapat direlisasikan baik dalam penggunaan teknologi maupun
bahan dengan tidak meninggalkan kesederhanaan, kemudahan pemeliharaan dan
pengoperasian.
f)
Kelayakan
Utilitas dan Infrastruktur Lingkungan (bobot penilaian 10%)
Desain mempertimbangkan pengelolaan sistem utilitas,
keselamatan, keamanan dan infrastruktur lingkungan yang baik.
13. PROSES PENILAIAN
Setiap karya yang masuk harus memenuhi seluruh
persyaratan yang ditentukan dalam Kerangka Acuan Kerja ini. Pada tahap awal,
seluruh berkas yang masuk akan diperiksa oleh panitia sayembara menyangkut
persyaratan administrasi, antara lain identitas peserta, format penyajian dan
ketentuan teknis. Berkas yang tidak memenuhi
ketentuan-ketentuan tersebut tidak diikutkan dalam proses penilaian oleh para
juri.
Penilaian berkas dokumen teknis dilakukan oleh tim
juri, untuk menjaring 5 karya terbaik pada tahap penjurian tahap I dan
selanjutnya dari 5 nominator tersebut akan ditentukan peringkat satu, dua,
tiga, pada penjurian tahap II.
14. KEPUTUSAN JURI
Keputusan juri yang dinyatakan dalam Berita Acara
Penjurian akan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. Hasil sayembara
akan diumumkan kepada umum melalui pengumuman langsung di bagian, situs
sayembara dan media social.
15. HADIAH SAYEMBARA
Panitia menyediakan hadiah total senilai Rp .. dengan
perincian sebagai berikut :
a.
Pemenang I
|
: Rp. (dalam konfirmasi)
|
+ Piagam Penghargaan
|
b. Pemenang
II
|
: Rp. (dalam
konfirmasi)
|
+ Piagam Penghargaan
|
c.
Pemenang III
|
: Rp. (dalam
konfirmasi)
|
+ Piagam Penghargaan
|
16. PENUTUP
Hal-hal lain yang belum jelas, yang tercantum dalam
KAK dan lampiran- lampirannya, dapat disampaikan dalam tanya jawab.
Bandung,Juni 2018 Panitia Sayembara ttd Ketua Panitia |
Lampiran 1
Denah Lokasi
LAMPIRAN 2
FORMAT SAMPUL
1. Sampul luar
2. Sampul Dokumen Administrasi
Tambahan:
Link Pendaftaran : https://goo.gl/forms/7J2vEITYzUBg755k2
Link Download KAK : https://drive.google.com/file/d/1wfm1CTSvDuoElwzGxp8zKHgmnZ53igIQ/view?usp=sharing
Komentar
Posting Komentar