KERANGKA ACUAN KERJA SAYEMBARA DESAIN TAMAN DAN RUANG PUBLIK URBANSCAPE EXPO 2018


SAYEMBARA

DESAIN TAMAN DAN RUANG PUBLIK



KERANGKA ACUAN KERJA
SAYEMBARA DESAIN TAMAN DAN RUANG PUBLIK
URBANSCAPE EXPO 2018

1.       LATAR BELAKANG
Ruang publik yang dimaksud secara umum pada sebuah kota, menurut Project for Public Spaces in New York tahun 1984, adalah bentuk ruang yang digunakan manusia secara bersama-sama berupa jalan, pedestrian, taman- taman, plaza, fasilitas transportasi umum (halte) dan museum, sedangkan menurut Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Non Hijau di Wilayah Kota/Kawasan Perkotaan (Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No 12/PRT/M 2009), ruang terbuka publik (open space) di perkotaan terdiri dari ruang terbuka hijau dan ruang terbuka non-hijau.
Lanskap perkotaan (urbanscape) merupakan rangkaian ragam ruang yang terdapat dalam suatu kota membentuk ciri khas tersendiri bagi kota tersebut. Salah satu ruang pembentuk urbanscape adalah ruang terbuka hijau dan ruang publik yang terdiri antara lain jalur-jalur hijau, taman lingkungan atau taman kota, pulau-pulau jalan, taman teras dan taman atap serta sebagainya. Keberadaan lanskap ruang-ruang kota tersebut menjamin kehidupan yang lebih baik, lebih sehat, dan berkelanjutan.
Ruang-ruang ini berfungsi untuk antara lain sebagai ruang sosial, ruang rekreatif, ruang produksi (hasil pangan atau pertanian kota), oorologis dan ekologis dengan mengatasi terjadinya pencemaran udara di kota-kota besar yang semakin hari semakin memprihatinkan. Hal ini mengakibatkan peningkatan suhu udara sehingga menjadi salah satu penyebab pemanasan global yang berdampak buruk bagi kesehatan manusia pada umumnya.
Desain lanskap perkotaan sangat erat berkaitan dengan pengendalian perubahan iklim. Sehingga lanskap yang didesain, selain terdepan dalam menggunakan teknologi, harus berorientasi terhadap alam yang berkelanjutan.
Komplek Permata Hijau Kecamatan Grogol Selatan, Jakarta Barat merupakan salah satu perumahan elit di kota Jakarta yang hampir aktif selama 24 jam. Jalur hijau dan taman kota yang terletak di perumahan ini memiliki peranan penting sebagai salah satu urbanscape vital bagi kawasan perumahan tersebut yang ramah bagi semua tingkatan dan golongan pengguna.
Sayembara Ruang Terbuka Publik ini bertema “Lanskap Perkotaan Berkelanjutan (Sustainable Urbanscape) dalam arti seluas-luasnya, mengambil lokasi Ruang Terbuka di Kelurahan Grogol Selatan.

 2.       MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dari kegiatan ini adalah terpenuhinya desain ruang terbuka publik dengan berpegang pada filosofi “Ekologis dan Berkelanjutan” serta menjadi kebanggaan masyarakat Kelurahan Grogol Selatan.
Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah bahwa hasil karya pemenang utama Sayembara Desain Taman dan Ruang Publik “Lanskap Perkotaan Berkelanjutan” tersebut dapat menjadi acuan dalam penanganan ruang publik tersebut kedepannya.

3.       SASARAN
Terciptanya ide kreatif desain Taman dan Ruang Publik yang diajukan oleh para mahasiswa yang mengikuti sayembara;

4.       ORGANISASI KEGIATAN SAYEMBARA

Nama Organisasi         : Asosiasi Pendidikan Arsitektur Lanskap Indonesia  (APALI) bekerjasama dengan Pemerintah DKI Jakarta
Lokasi Sayembara       : Ruang Terbuka Kelurahan Grogol Selatan,
Jakarta Selatan
Jl. Komplek Permata Hijau, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

5.       JUDUL DAN TEMA SAYEMBARA
Sayembara ini berjudul : Sayembara Desain Taman dan Ruang Publik
Sayembara ini bertema: Lanskap Perkotaan Berkelanjutan (Sustainable Urbanscape)

6.       BENTUK SAYEMBARA

Sayembara ini merupakan “sayembara konsep disain” berupa gagasan dan ide kreatif untuk perancangan Taman dan Ruang Publik serta prakiraan biaya untuk konstruksi yang digunakan.

7.       PERSYARATAN SAYEMBARA

a.      Persyaratan peserta


a)        Sayembara ini terbuka bagi seluruh mahasiwa jurusan/ departemen/program studi Arsitektur Lansekap/Pertamanan, atau diketuai oleh mahasiswa jurusan Arsitektur Lanskap baik perorangan maupun kelompok. Satu kelompok maksimal terdiri dari 4 orang.
b)        Setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) karya

b.      Tata Cara Pendaftaran Peserta


1)     Formulir Pendaftaran dan KAK dapat diperoleh langsung melalui web https://himalaproject.blogspot.com
2)     Rekomendasi dari jurusan/departemen/program studi dilampirkan sebagai attachment, dikirimkan melalui email ke alamat sayembaraapali2018@gmail.com dan disertakan dalam berkas pengumpulan karya.
3)     Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran untuk mengikuti sayembara ini.

c.       Tata Cara Pemasukan Karya

Peserta dapat mengirimkan melalui pos / paket dokumen karya peserta kepada panitia yang terdiri dari:

1)     Dokumen Administrasi

Peserta menyerahkan I sampul yang berisi:
a)  Salinan kartu mahasiswa yang masih berlaku
b)  Surat Rekomendasi dari Jurusan/Departemen/Program Studi
c)  Keseluruhan dokumen dimasukkan dalam amplop tertutup.

2)     Dokumen Teknis

Peserta menyerahkan 1 sampul dokumen karya yang berisi:
a)     4 buah panel poster yang masing-masing berukuran A2 dengan posisi portrait yang berurutan mulai dari konsep hingga perspektif dan detail yang komunikatif dan menarik, dengan ketentuan formasi gambar sebagai berikut:

1.    Panel Poster Pertama berisi penjelasan tentang konsep (dapat disajikan dalam bentuk diagram, sketsa beserta penjelasan singkat )

2.    Panel Poster Kedua, sekurang-kurangnya berisi rencana tapak

3.    Panel Poster Ketiga berisi:
i.        Gambar Tampak Site yang menunjukan pandangan keempat sisi/arah Site
ii.        Gambar Potongan Site secara memanjang dan melintang untuk menunjukan secara garis besar penampang dan sistem struktur.

4.    Panel poster Keempat berisi:


i.      Gambar Prespektif 3 Dimensi baik eksterior maupun interior memperlihatkan entrance atau arah lain yang dianggap perlu secara man eye view, bird eye view, maupun view lain yang dianggap baik.
ii.      Gambar Detail Elemen Arsitektural Lanskap sesuai dengan konsep desain yang ingin ditonjolkan.

Setiap Panel display/ poster tidak boleh diberi garis tepi, tulisan ataupun kop gambar selain gambar-gambar dan judul gambar (denah, tampak, perspektif, dsb) yang diminta, penambahan gambar lain atau tulisan lain dapat dianggap sebagai pelanggaran atas prinsip kerahasiaan sayembara yang dapat menyebabkan gambar peserta didiskualifikasi. Berikut format sebagai berikut :

b)   Satu bendel berisi matrik program ruang dan estimasi biaya konstruksi yang dicetak dalam kertas A4 yang dijilid dan dimasukkan dalam amplop terpisah dari dokumen administrasi.

Format A4 :

c)      Data soft copy yang berisi :
1)     File gambar format poster sesuai yang dicetak dalam bentuk PDF.
2)     File perhitungan estimasi biaya dan Matriks program ruang dalam bentuk PDF
3)     File dapat dikirimkan dalam cakram bersama-sama dengan dokumen A4 atau melalui imel ke : sayembaraapali2018@gmail.com

d)     Identitas Peserta
Semua hasil karya hanya mencantumkan kode peserta tanpa identitas asli.

Pemasukan karya sayembara dapat dikirim  via pos / paket (cap pos) ke Sekretariat Panitia Sayembara paling lambat tertanggal 15 Juli 2018 dan dapat dibuktikan dengan resi penerimaan.

e)      Jadwal Sayembara

No
Jadwal
Tanggal
1
Pendaftaran
07 Juni – 15 Juli 2018
2
Survey Lokasi
09 Juni -30 Juni 2018
3
Pengumpulan Karya (cap pos)
15 Juli 2018
4
Penjurian
16 - 18 Juli 2018
5
Pengumuman dan Penyerahan Hadiah
19 Juli 2018



f)       Diskualifikasi Karya
1)      Peserta yang memasukkan karya dengan tidak mematuhi ketentuan seperti yang tertera dalam tata-cara pemasukan karya sayembara akan terkena diskualifikasi sehingga hasil karyanya tidak akan dinilai oleh para juri.

2)      Peserta yang tidak dilengkapi bukti identitas sebagaimana yang tertera dalam identitas peserta dan karya sayembara juga akan terkena diskualifikasi sehingga hasil karyanya tidak akan dinilai oleh para juri.
3)      Panitia berhak membatalkan/memutuskan status pemenang secara sepihak apabila di kemudian hari ditemukan penyimpangan dalam bentuk apapun yang dilakukan oleh pemenang.

8.       LOKASI

Peserta dapat melakukan observasi lapangan secara langsung dengan membawa tanda pengenal peserta yang disediakan oleh panitia.
Batasan dan Permintaan
Lokasi                         : Ruang Terbuka Kelurahan Grogol Selatan
Jl. Komplek Permata Hijau, Grogol Selatan,
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12220
Luas Lahan                  : ± 1,3 Ha (terdiri dari 3 area yang dapat menjadi
                                       satu kesatuan)
Batas-batas Lahan       : jalan sekeliling taman
Gambar 1 Peta Lokasi

9.       KETENTUAN DESAIN DAN PROGRAM RUANG

Konsep gagasan desain perancangan meliputi aspek-aspek sebagai berikut:
1)     Konsep Arsitektural Lanskap
2)     Konsep kegiatan dan kebutuhan ruang yang dapat menampung kegiatan sosial dan ekonomi, penambahan kebutuhan ruang / fasilitas lain masih dimungkinkan sepanjang masih sesuai dengan peruntukan aktifitas Taman dan Ruang Publik
3)     Konsep universal desain dan pendekatan desain yang ramah lingkungan.
4)     Konsep skenario tahapan pembangunan untuk memungkinkan pembangunan secara bertahap.
5)     Konsep utilitas dan infrastruktur lingkungan
6)     Konsep ekodesain/ rekayasa desain yang meliputi penataan penghawaan, pencahayaan, dan tata suara yang ramah lingkungan


10.   PANITIA SAYEMBARA

Panitia Pelaksana Sayembara ini adalah Asosiasi Pendidikan Arsitektur Lanskap Indonesia (APALI).

Alamat sekretariat:
Kampus Universitas Bandung Raya
Fakultas Pertanian Prodi Arsitektur Lanskap
Jl. Cikutra No. 171, Kota Bandung, Jawa Barat 40124

--------------------------------------------------


11.   TIM JURI
Tim juri terdiri dari wakil lembaga:
1.    Asosiasi Pendidikan Arsitektur Lanskap Indonesia (APALI)
2.    Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI)
3.    Green Building Council Indonesia (GBCI)
4.    Himpunan Teknik Iluminasi Indonesia (HTII)
5.    Dinas Kehutanan DKI Jakarta


12.   KRITERIA PENILAIAN

Yang menjadi kriteria penilaian pada sayembara ini yaitu sebagai berikut :
a)                  Originalitas (bobot penilaian 25%), meliputi :
Keaslian, rancangan desain taman ini belum pernah dipublikasikan melalui media apapun, tidak mengandung unsur-unsur visual yang berpotensi dituntut oleh pihak ketiga yang memiliki hak cipta/hak kekayaan intelektual atas unsur-unsur desain tersebut.
b)                  Ide/Konsep Desain (bobot penilaian 35 %)
Keindahan, mencakup keindahan visual taman maupun keindahan yang bisa dirasakan melalui kenyamanan jika berada didalamnya.
c)                   Kontekstualitas Desain (bobot penilaian 10 %)
Rancangan mempertimbangkan hubungan tatanan spasial antara taman dengan tata guna lahan dan kondisi lingkungan sekitar taman serta ciri khas Kota Bandung.
d)                  Fungsional (bobot penilaian 10 %)
Memenuhi kegunaan taman secara fungsional sebagai tempat untuk berolah raga, tempat bersantai, tempat komunikasi sosial, tempat peralihan, serta tempat menunggu.

e)                   Kelayakan Realisasi (bobot penilaian 10%)
Desain taman baik arsitektural maupun struktural secara umum harus dapat direlisasikan baik dalam penggunaan teknologi maupun bahan dengan tidak meninggalkan kesederhanaan, kemudahan pemeliharaan dan pengoperasian.
f)                    Kelayakan Utilitas dan Infrastruktur Lingkungan (bobot penilaian 10%)
Desain mempertimbangkan pengelolaan sistem utilitas, keselamatan, keamanan dan infrastruktur lingkungan yang baik.

13.   PROSES PENILAIAN

Setiap karya yang masuk harus memenuhi seluruh persyaratan yang ditentukan dalam Kerangka Acuan Kerja ini. Pada tahap awal, seluruh berkas yang masuk akan diperiksa oleh panitia sayembara menyangkut persyaratan administrasi, antara lain identitas peserta, format penyajian dan ketentuan teknis. Berkas yang tidak memenuhi ketentuan-ketentuan tersebut tidak diikutkan dalam proses penilaian oleh para juri.
Penilaian berkas dokumen teknis dilakukan oleh tim juri, untuk menjaring 5 karya terbaik pada tahap penjurian tahap I dan selanjutnya dari 5 nominator tersebut akan ditentukan peringkat satu, dua, tiga, pada penjurian tahap II.


14.   KEPUTUSAN JURI

Keputusan juri yang dinyatakan dalam Berita Acara Penjurian akan bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. Hasil sayembara akan diumumkan kepada umum melalui pengumuman langsung di bagian, situs sayembara dan media social.

15.   HADIAH SAYEMBARA

Panitia menyediakan hadiah total senilai Rp .. dengan perincian sebagai berikut :

a.      Pemenang I
: Rp. (dalam konfirmasi)
+      Piagam Penghargaan
b.      Pemenang II
: Rp. (dalam konfirmasi)
+      Piagam Penghargaan
c.       Pemenang III
: Rp. (dalam konfirmasi)
+      Piagam Penghargaan



16.   PENUTUP


Hal-hal lain yang belum jelas, yang tercantum dalam KAK dan lampiran- lampirannya, dapat disampaikan dalam tanya jawab.
Bandung,Juni 2018
Panitia Sayembara
ttd

Ketua Panitia


Lampiran 1

Denah Lokasi

LAMPIRAN 2
FORMAT SAMPUL
1. Sampul luar

2. Sampul Dokumen Administrasi
Tambahan:
Link Pendaftaran : https://goo.gl/forms/7J2vEITYzUBg755k2
Link Download KAK : https://drive.google.com/file/d/1wfm1CTSvDuoElwzGxp8zKHgmnZ53igIQ/view?usp=sharing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SKETSA

Design Taman Kartini Cimahi